Teknik Memelihara Rantai & Gir Set Sepeda Motor

Salah satu sel sepeda motor yang kerap disepelekan pemotor ialah rantai. Padahal rantai motor memiliki rol yang sangat penting, oleh karena itu tidak bisa diremehkan sama sekali. Apalagi tatkala musim penghujan seperti hari ini, sering-seringlah lebih memperhatikan rantai dan gir set motor bebek Anda.

Tapi pada dasarnya, rantai bawaan kilang sudah menggunakan teknologi O-ring yang tidak pun diberi pelumas tambahan. Plus rantai motor jenis itu telah mempunyai pelumas luar biasa di dalamnya. Namun demikian, dalam perjalanannya tetap diperlukan perawatan menggunakan pelumas luar biasa rantai (chain lube) dalam memperpanjang usia pakainya.



Pada merawat sengkela, tidak dianjurkan untuk membangun oli bekas atau besi untuk melenyapkan, karena tersebut justru malah membuat usia pakai kaitan menjadi pendek. Melumasi pertalian dengan oli bekas malahan akan mengikat kotoran yang ada diluar.

Sebab di dalam umumnya kaitan tidak diberi penutup sehingga langsung bertalian dengan luar, akibatnya telau mudah menempel. Terlebih oli bekas yang dipakai melumasi sudah terkontaminasi kotoran perangkat.

Idealnya kaitan motor dilumasi cairan chain lube minimal 2 kesempatan dalam seminggu dan disarankan mengencangkan sengkela sebulan amat. Bagi pemakai motor sport, disarankan menggunakan rantai bernilai dengan uraian ringan & tidak memerlukan perawatan yang ribet.

Hisab motor harga gear sss yang dimodifikasi, demi penyesuaian sempang ukuran gir dan rantai. Jangan hingga motor transfigurasi dengan kisaran cepat menggunakan gir pasang standar. Tidak lupa lihat gir menjelang. Kebanyakan pemotor hanya menghiraukan gir belakang. Bukalah tutup gir hadap, sering-seringlah dipandang dan dibersihkan.



Idealnya pergantian gir atur dilakukan jika pemakaian sudah mencapai 40. 000 km. Tidak perkara mengikuti trend menggunakan gir set pancawarna, karena ini hanya seksi selera tdk mempengaruhi cara perawatan serta performa.

Kalau terpaksa berbuat pemotongan mata rantai, lihat juga usia pakainya. Pada waktu masa pakai masih 3 bulan, tak masalah pertalian dipotong. Rata-rata mekanik berpengalaman tahu buatan lama umur pakai kaitan. Namun bila ragu dan lebih safety, ada baiknya menyelesaikan dengan yang baru. Namun untuk ikatan motor Kawasaki Ninja, tidak direkomendasikan sengkela dipotong bila sudah kendor.

Terakhir, amat dianjurkan untuk membeli gir set yang berkualitas demi kenyamanan serta keamanan Kau ketika berkendara

Write a comment

Comments: 0